Kamis, 07 Juli 2011

Kontras! Dua Kebijakan ECB & BoE

Perhatian pasar dunia hari ini Kamis (07/07) tertuju kepada kebijakan suku bunga yang akan drilis oleh dua Bank Sentral besar yaitu Bank Sentral Eropa (ECB) dan Bank Sentral Inggris (BoE).
Namun ke dua Bank Sentral tersebut akan mengeluarkan kebijakan yang kontras. ECB banyak diperkirakan bakal menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin ke level 1.50 persen dan akan tayang pukul 18.45 WIB.
 
Sementara BoE dipastikan akan kembali menahan suku bunga tetap di kisaran rendah 0.50 persen dan akan rilis lebih cepat pada pukul 18.00 WIB.
 
Banyak kalangan investor menilai meskipun EUR kini melemah, namun pelemahan lebih dalam akan terbatasi, karena hari ini akan dicerahkan oleh optimisme kenaikkan suku bunga. Selain itu sinyal bahwa pengetatan lebih lanjut dari ECB akan terjadi tahun ini, turut memberi dukungan bagi Euro.
 
Kontras dengan Euro, prospek ke depan penguatan Sterling masih sangat terbatas mengingat optimisme investor terhadap suku bunga Inggris makin menyusut karena diperkirakan suku bunga Inggris masih akan bertahan di rekor rendah untuk waktu lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar