Kamis, 14 Juli 2011

Perundingan Deadlock, Obama Geram

Masih, belum ada jalan terang dalam negosiasi soal defisit anggaran Amerika Serikat (AS). Pada meeting hari Rabu malam (13/07), Barack Obama kembali berdebat seru dengan pejabat Republikan. 
"Cukup!" demikian komentar Obama pasca pertemuan, seperti dikutip oleh seorang pejabat Partai Demokrat. Sang Presiden memutuskan walk-out dari sidang setelah pendapatnya ditentang habis-habisan oleh Eric Cantor, Pemimpin Republikan nomor dua di kongres. Pihak demokrat memandang Cantor sudah keterlaluan. 
 
Patut diingat bahwa AS harus segera menuntaskan deal plafon hutang sebelum 2 Agustus nanti. Jika tidak, pemerintah akan kehabisan dana untuk membayar beban. Namun sejauh ini, pemerintah dan parlemen masih gagal mencapai mufakat. 
 
Pada pertemuan 2 jam semalam, Republikan meminta pemangkasan sebanyak $2,4 triliun sebagai kompensasi atas kenaikan plafon hutang. Tetapi Obama dan Demokrat bersikeras memasukkan rencana kenaikan pajak orang kaya dalam paket tersebut. Babak baru perundingan dimulai hari Kamis dan masalah pajak masih akan jadi fokus pembicaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar